PEMBUATAN
DISC BRAKE ( Piringan Cakram )MOBIL
11. Teori
Dasar
Disc brake atau rem disk adalah perangkat untuk memperlambat atau
menghentikan rotasi roda. Sebuah rem disk (atau rotor
dalam bahasa Inggris Amerika) biasanya terbuat dari besi cor , tetapi mungkin
dalam beberapa kasus dibuat dari komposit seperti diperkuat karbon atau komposit matriks keramik . Ini terhubung ke roda dan / atau poros . Untuk
menghentikan roda, bahan gesekan dalam bentuk bantalan rem ,
terpasang pada alat yang disebut caliper rem, dipaksa secara mekanis, hidrolik , pneumatik atau elektromagnetik
terhadap kedua sisi disc. Gesekan menyebabkan
disk dan roda terpasang untuk memperlambat atau menghentikan . Rem mengkonversi
gerak terhadap panas, dan jika rem terlalu panas, mereka menjadi kurang
efektif, fenomena yang dikenal sebagai memudar rem .
Rem
Disk dikembangkan pada awal abad kesembilan belas, tetapi kelemahan dalam
desain sistem disk rem terus memasuki penggunaan mainstream. Masalah yang
paling sulit diatasi adalah perpindahan panas, atau ketidakmampuan disk untuk
mendistribusikan panas gesekan efektif. Masalah ini disebut fade rem dan
ternyata umum pada model awal rem disk. Lebih jauh, karena jalan sekitar waktu
itu masih primitif dan tak beraspal, kotoran dan debu sering datang dalam kontak
dengan sistem rem disk, mengurangi kekuatan dan efektivitas rem dan sering
menimbulkan keausan dini dari komponen individu.
Masalah-masalah
ini akhirnya diselesaikan dengan menggunakan bahan komposit yang panas
didistribusikan secara lebih efektif dan kurang rentan terhadap keausan cepat.
Metode lain untuk memecahkan masalah panas dan kotoran termasuk lubang
pengeboran pada rotor itu sendiri, yang memungkinkan panas untuk membubarkan
lebih efektif dan kotoran dan pasir melewati tanpa mempengaruhi kinerja rem
untuk gelar besar.
22. Gambar
Sketsa
33.Gambar
Teknik
44. Spesifikasi
Produk
·
Ukuran:
Diameter : 336 mm
Height :
67.2 mm
·
Pitch Circle Diameter :
139.7 mm
·
Num. of holes : 5
·
Style : Full Cast
·
Jenis material :
Besi cor Kelabu
AISI 1040
Komposisi Kimia
No.
|
Unsur
|
Persentase (%)
|
1
|
C
|
0.37 – 0.44
|
2
|
Mn
|
0.60-0.90
|
3
|
P
|
0.04 (max)
|
4
|
S
|
0.05 (max)
|
5. Proses Pembuatan Coran
5.1.Jenis
Coran
Low Pressure Die
Casting
Dalam Low Pressure Die Casting, logam cair
dimasukan kedalam krus tertutup kemudian dialirkan gas (Biasanya udara tekan)
yang bertekanan rendah dibawah 1 atmosfer sehingga tekanan terjadi pada
permukaan logam. Maka logam akan terdorong keatas melalui pipa pengisi dan
masuk kedalam cetakan yang sipasang sebelah atas, dengan demikian terbentuklah
coran.
Umumnya untuk memproduksi komponen yang memiliki kesimetrisan terhadap
sumbu putar. Cetakan yang digunakan cetakan logam dan cara ini banyak digunakan
untuk pengecoran Alumunium, Besi cor kelabu dan besi cor nodular
Keuntungan Low
Pressure Die Casting diantaranya :
·
Tidak banyak logam yang
terbuang
·
Permukaan coran sangata
halus dengan ketelitian ukuran sangat baik
·
Dapat digunakan untuk
produksi masal
5.2.
Jenis Cetakan
·
Cetakan Logam
Referensi:
http://www.slideshare.net/VendiSupendi/pembuatan-disc-brake-mobil
Komentar
Posting Komentar