Proses Pembuatan Rantai Sepeda

Proses Pembuatan Rantai Sepeda

Rantai adalah salah satu bagian dari sistem penerus daya yang merupakan rangkaian akhir dari
kesatuan sistem transmisi pada kendaraan. Pengen tahu gimana pabrik membikin rantai sepeda
gowes, yukk ikuti cerita selanjutnya.



(rantai)
1. Pemukulan/Punching
Plat baja alloy lembaran (sheetmetal alloy) dipotong jadi persegi panjang dan diseret menuju mesin
puncher (pemukul). Ujung dari mesin puncher ini sudah dibentuk menyerupai bentuk mata rantai
menggunakan mesin CNC. Sehingga sheetmetal tadi membentuk pola mata rantai.


(mesin pemukul/punch machine)


(plat lembaran/sheetmetal diseret menuju mesin pemukul/puncher)

(plat lembaran/sheetmetal yang selesai melalui tahap pemukulan/punching
hingga membentuk mata rantai)

Proses pemukulan (punching) dilakukan beberapa kali secara bertahap hingga plat
lembaran/sheetmetal benar-benar membentuk mata rantai yang siap diassembly.


(pemukulan/punching pertama)

(pemukulan/punching kedua)

(pemukulan/punching ketiga)

2. Pengukuran
Selanjutnya, mata rantai yang udah dibentuk, diukur di divisi Quality Control, ini bertujuan untuk
memastikan bahwa ukuran mata rantai sesuai dengan desain & standar yang telah
ditetapkan/pesanan. Pengukuran semacam ini dilakukan setiap beberapa ratus/ribu sampel, ga setiap
mata rantai (capek atuh kalo tiap mata rantai diukur, hehe).


3. Pemanasan (heat treatment)
Mata rantai yang udah terbentuk melalui proses pemukulan/punching diteruskan ke mesin pemanas
biar mateng (serius nih). Mateng di sini maksutnya adalah biar rantai jadi kuat ditarik beban bertonton.
Pemanasan fungsinya untuk menyusun molekul-molekul logam di mata rantai agar menjadi lebih
"rapi". Molekul logam yang "rapi" dapat meningkatkan kekuatan logam hingga beberapa kali lipat (2-
10x). Pemanasan dilakukan pada suhu 1500 F (815 C). Atau hampir setengah titik lebur baja yang
ada di 1500 C.

4. Pelapisan (plating)
Mata rantai yang udah menjadi kuat dan ulet setelah dipanasi di tungku pada suhu 815 C, kemudian
dilapis agar anti karat/ga mudah karatan. Pelapisnya menggunakan nikel, krom, molybdenum atau
zat-zat yang bisa melindungi dari karat, gesekan dan cuaca. Metodenya bervariasi, tapi umumnya
menggunakan metode electroplating, agar zat-zat pelapis tadi bisa masuk ke pori-pori logam terkecil
sekalipun.


5. Perakitan (Assembly)
Mata rantai telah siap untuk dirangkai satu sama lain dengan pin nya menjadi 1 set rantai yang siap
dipasang di sepeda.


Tahapan proses perakitan dimulai dari : plat luar, pin, plat dalam, selongsong pin serta plat dalam&
luar sisi lain.


6. Pengecekan Kelancaran Gerakan Rantai
Rantai yang telah dirakit/assembly, dicek apakah bisa bergerak dengan lancar ataukah ada
hambatan di divisi Quality Control. Pengecekan dilakukan dengan cara rantai diputar pada sproket
dan diteliti pergerakannya menggunakan lensa. Rantai yang baik ga akan nyangkut ketika diputar
dengan sudut sempit.

7. Pelumasan
Rantai kemudian dicelupkan ke dalam cairan pelumas. Tentu biar putaran lancar dan ga gampang
aus. Setelah dicelup, selanjutnya rantai yang penuh dengan pelumas dibersihkan melalui roller
pembersih otomatis.

8. Pengecekan Akhir (Final Check)
Rantai yang telah dilumasi, dikirim lagi ke divisi Quality Control untuk dicek kelurusannya
menggunakna laser. Laser akan mendeteksi sekecil apapun penyimpangan yang ada jika kedapatan.
Dan rantai yang lolos, langsung dikirim menuju divisi Warehouse untuk dipak dan dikirim ke
vendor/konsumen.


Demikian sekilas tentang proses pembuatan rantai sepeda gowes di pabrik. Kurang lebihnya mohon
maaf, wassalamu'alaikum.
referensi :
https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=h8j5-dC6_x8
http://dokumen.tips/search/?q=Intip+sekilas+proses+pembuatan+rantai+sepeda+di+pabrik

Komentar

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer