Multimedia
Pengertian Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti
banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari
beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan
presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif
yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai
informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik
dan animasi.
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool)
dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan.
Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan
bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran,
baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media
kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
ada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi
konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar
gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam
perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan
konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak
diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan
pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan
sense realistis.
Baru mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan
teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input
pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau
tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output
berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai
jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip
dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer,
alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa
cetakan melainkan aroma.
Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu
kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi
itu tersaji dengan lebih menarik.
Kategori Multimedia
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu
multimedia content production dan multimedia communication dengan definisi
sebagai berikut :
Multimedia Content Production adalah penggunaan dan
pemrosesan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan
interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan
produk multimedia (music, video, film, game, intertaintment, dll.) Atau
penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk
menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan
interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori
ini media yang digunakan adalah :
· media teks
· media audio
· media video
· media
animasi
· media graph
/ image
· media interactivity
· media
spesial effect
Multimedia
Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media
cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan
material advertising, publicity, entertaintment, news, education, dll. Dalam
kategori ini media yang digunakan adalah :
· TV
· Radio
· Film
· Media Cetak
· Musik
· Game
·
Entertainment
· Tutorial
· ICT
(Internet)
KONSEP DASAR MULTIMEDIA
·
Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari
komputer dan video
·
McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi
dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
·
Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah
Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat
berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
·
Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat
yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
·
Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah
gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media
diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari
kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud
dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung
dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
·
Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah beberapa
kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui
komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
Pemanfaatan
Multimedia dalam Pendidikan
Pada dunia pendidikan peranan multimedia sangat membantu
dalam mempermudah pembelajaran siswa, guru dan dosen dalam menyampaikan dan
menerima dari apa yang disampaikan. Contohnya: Tutorial, Ensiklopedia (Misal
Microsoft Encarta) dengan demikian para siswa tidak jenuh dan merasa bosan
dengan materi yang disampaikan secara monoton melalui suara, tapi ada tambahan
dengan menyajikan gambar dan video dengan menggunakan sarana multimedia ini.
Sehingga para siswa memliki ketertarikan guna memepelajari lebih dalam materi
apa yang disampaikan oleh guru ataupun dosen.
a. Multimedia
membuat pelajar mengerti isi pelajaran
b. Multimedia
membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
c. Multimedia
menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
d. Multimedia
mampu menjadi sumber pengetahuan
e. Multimedia
mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
f. Multimedia
mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
g. Multimedia
kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
h. Multimedia
mampu menghibur selama proses pembelajaran
i. Multimedia membuat terjadinya interakti
antara siswa dengan teknologi terkini
j. Multimedia
memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
k. Multimedia
membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan
l. Multimedia memudahkan pembelajaran yang
berpusatkan pada siswa karena siswa diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran
sendiri dan belajar pada kadar yang sesuai dengan diri sendiri
m. Multimedia
mengajari setiap siswa dengan gaya pembelajaran yang berbeda
n. Multimedia
menggalakkan pembelajaran kooperatif dan interaktif di antara siswa melalui
diskusi
o. Multimedia
memudahkan pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme.
p. Multimedia
memudahkan siswa mempunyai kebebasan belajar sendiri tanpa dipengaruhi oleh
pihak-pihak lain.
q. Siswa dapat
memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar yang sesuai dengan
minat dan kehendak sendiri.
Barangkali dunia pendidikan adalah dunia yang paling
membutuhkan teknologi ini. Sistem pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif)
mungkin akan mencapai sasarannya dengan menggunakan teknologi ini. Para siswa
dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya.
Sebagai contoh, seorang siswa membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam
aplikasi tersebut siswa dapat memilih periode dan subjek yang akan dipelajari,
kemudian dilayar tampilan akan hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan
gambar hidup dari subjek yang dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat dan
rasa ingin tahunya akan lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain karena
merasa tertarik akan media penyajiannya.
Anak-anak usia pra-sekolah dan TK (Taman Kanak-kanak) pun
akan mendapat keuntungan dari teknologi ini. Pada usia ini anak lebih tertarik
kepada gambar dan suara. Dengan bimbingan guru dan orang tua mereka dapat
“menjelajahi” lebih luas dan imajinasi merekapun akan lebih berkembang. Singkat
kata teknologi multimedia dapat memberikan arti baru bagi dunia pendidikan.
Pemanfaatan Multimedia
dalam Industri
·
Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari
kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang
dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer
pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan,
yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
·
Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan
Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang
akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD,
sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan
program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
·
Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku,
semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam
waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan
bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan
dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas
koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi
dantidak up-to date lagi.
·
Bidang Industri Perfilman
Hiburan sangatlah penting dalam
kehidupan manusia, setelah lelah seharian bekerja atau beraktifitas manusia
membutuhkan hiburan yang menghibur untuk istirahat mereka, dengan adanya
multimedia hiburan dikemas dengan sangat menarik Conothnya, Games, Seni dan
pertunjukan.
Semua efek-efek di dunia akting
, animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat
elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan
mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh
film-film Hollywood berjudul TITANIC itu
sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan
tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
Periklanan tidak akan menarik
perhatian jika tidak adanya multimedia, karena dengan menggunakan multimedia,
iklan akan terlihat sangat menarik untuk diperhatikan dan akan menarik banyak
konsumen yang melihatnya, dengan menggunakan suara, gambar, video, animasi dan
teks yang canggih akan menambah nilai lebih dari suatu iklan. Contoh
pemanfaatan multimedia pada iklan yaitu, iklan televis, bandara, dan lain lain.
Pemanfaatan
Multimedia dalam umum
Hotel, stasiun, pusat perbelanjaan, museum dan tempat tujuan
wisata akan menjadi sasaran utama dalam lingkup ini. Stand alone terminal dan
kios k akan tersedia ditempat-tempat tersebut guna memberikan informasi.
Instalasi alat seperti ini akan mengurangi penggunaan informasi tradisional dan
personilnya. Alat ini dapat bekerja sepanjang waktu, bahkan saat tengah malam,
dimana tenaga konvensional tidak tersedia.
Kios k disebuah pusat perbelanjaan dapat memberikan
informasi tentang keadaan pusat perbelanjaan tersebut mulai dari denah lantai,
jenis toko sampai penawaran diskon ditoko tersebut. Sebuah kios k disebuah
hotel dapat memberikan data restoran terdekat berikut foto dan suara penyanyinya,
peta kota, jadwal transportasi dan tempat wisata. Pemasangan printer biasanya
disertakan agar pemakai dapat membawa informasi tertulis. Kios k dibandara
dapat memberikan jadwal kegiatan bandara, daftar hotel dan apabila telah
tersambung dengan sistem jaringan terpadu dapat memberikan pelayanan pemesanan
tiket pesawat dan kamar hotel.
Semua contoh aplikasi diatas menuju satu tujuan, yaitu
penyampaian informasi yang cepat, jelas, menarik dan efisien tanpa harus
mengurangi nilai dari informasi tersebut.
Hubungan Multimedia
dengan Pemanfaatan Internet
PENGERTIAN INTERNET
Internet berasal dari kata Interconnection Networking dan
mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem
jaringan mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur
telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya sehingga di
dalamnya menghubungkan situs-situs akademik, pemerintahan, komersial,
organisasi, maupun perorangan.
Internet mengacu pada istilah jaringan bukan aplikasi.
Internet tidak memiliki manfaat apabila tidak ada aplikasi yang sesuai dan bisa
digunakan untuk berbagai keperluan. Setiap aplikasi berjalan di atas protocol
tertentu. Istilah “protokol” di internet mengacu pada satu set aturan yang
megatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan.
Sejarah dan Perkembangan Internet.
Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang
dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui
proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di
mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer
yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak
terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan,
kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua
standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang
sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan
militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of
Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan
komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan
nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila
terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 3 situs saja yaitu
Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara,
University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun
1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama
kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas
di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk
mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET”
untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan
non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya
dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi
Internet.
Pemanfaatan Internet
Era globalisasi saat ini merupakan salah satu dampak
perkembangan dalam bidang Teknologi Informasi(TI). Perkembangan TI tidak dapat
lepas dari teknologi komputer . Hal ini ditunjukkan oleh pesatnya perkembangan perangkat keras (hardware) dan
perangkat lunak (software) serta aplikasinya dalam berbagai bidang seperti
pendidikan, dunia usaha dan perkantoran
dsb. Salah satu perkembangan
teknologi komputer adalah teknologi jaringan komputer dan internet. Teknologi
ini mampu menyambungkan hampir semua komputer yang ada didunia sehingga bisa
saling berkomunikasi dan bertukar informasi. Bentuk informasi yang dapat
ditukar dapat berupa data teks, gambar,gambar bergerak dan suara.
Dengan adanya internet ini dunia menjadi terasa tanpa batas
ruang dan waktu. Dengan adanya internet ini segala bentuk informasi menjadi
semakin terbuka. Apa yang baru saja
terjadi di berbagai belahan dunia dapat diketahui dengan cepat di belahan dunia
yang lain. Kecanggihan teknologi sudah tersedia, dimana melalui teknologi
internet kita dapat memperoleh segala macam informasi dan komunikasi mulai dari
informasi pendidikan, politik, ekonomi,bahan riset, iklan, gaya hidup, belanja,
hiburan dsb yang menyangkut seluruh aspek kehidupan yang terjadi dan ada di
seluruh belahan dunia. Ketersediaaan pusat informasi yang dapat diakses
dimanapun dan kapanpun serta berisi tentang apapun yang kita ingin ketahui dan Internet juga memungkinkan terbentuknya
jaringan komunikasi multimedia yang begitu luas ke seluruh dunia, alangkah
sayang jika tidak termanfaatkan/tidak mampu memanfaatkannya.
Dalam membangun SDM
dunia pendidikan dituntut untuk mampu mengikuti (Up date) perkembangan
aplikasi IPTEK didunia Industri agar lulusannya memiliki kompetensi yang sesuai
dengan kebutuhan pasar. Dari fakta
tersebut salah satu cara untuk mampu mengikuti perkembangan IPTEK yang cepat
adalah selalu aksese informasi yang up to date dan semua itu dapat di dapat
melalui internet.
Diera informasi ini provider provider sudah ada hampir
disetiap kota sehingga akses internet menjadi semakin murah dan terjangkau
didukung maraknya bisnis warnet yang hampir disetiap sudut bisa kita jumpai.
Oleh karena itu kemampuan mengakses internet sudah menjadi tuntutan kompetensi
diera global.
Pemanfatan Internet Sebagai Sumber Belajar
Proses
Belajar adalah proses untuk merubah dari yang tidak tahu menjadi tahu. Maka
didalam belajar terdapat informasi informasi (pengetahuan) yang harus diberikan
kepada peserta didik. Untuk memperoleh informasi harus dicari dari sumber
sumber informasi. Salah satu sumber informasi adalah intrernet. Internet adalah
pusat informasi yang multi bidang. Semua aspek kehidupan baik yang berdampak
positif maupun negative dapat diakses dan diperoleh dari internet. Oleh karena
itu dalam pemanfaatan internet kita harus memiliki filter keimananan serta
moralitas yang baik untuk menyeleksi informasi yang akan kita peroleh. Beberapa
manfaat internet untuk kepentingan pembelajaran adalah:
1. Pengembangan
Profesional
a. Meningkatkan
pengetahuan
b. Berbagi sumber
informasi diantara rekan sejawat/ sedepartemen
c. Berkomunikasi
keseluruh belahan dunia
d. Kesempatan
untuk menerbitkan /mengumumkan secara langsung
e. Mengatur
komunikasi secara teratur
f. Berpatisipasi
dalam forum dengan rekan sejawat baik local maupun internasional .
2. Sumber
Belajar/Pusat Informasi
a. Informesi
media dan metodologi pembelajaran
b. Bahan baku
& bahan ajar untuk segala bidang pelajaran
c. Akses
informasi IPTEK
d. Bahan
Pustaka/referensi
3. Belajar
sendiri secara cepat
a. Meningkatkan
pengetahuan
b. Belajar berinteraktif
c. Mengembangkan
kemampuan di bidang penelitian
4. Menambah
wawasan, pergaulan, pengetahuan, pengembangan karier
a. Meningkatkan
komunikasi dengan seluruh masyarakat lain
b. Meningkatkan
kepekaan akan permasalahan yang ada diseluruh dunia
c. Informasi
beasiswa, lowongan pekerjaan, pelatihan.
d. Hiburan dsb
Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dari
internet sesuai kebutuhan informasi yang ingin diperoleh. NaAmun efek efek
negative internet pun harus diwaspadai seperti penyebaran virus komputer,
pornografi, plagiat, penipuan dan pencurian dsb. Segala fasilitas fasilitas
untuk memperoleh informasi sudah tersedia dii Internete, tergantung bagaimana
kita mampu memanfaatkannya untuk kebutuhan kita
PENGERTIAN MULTIMEDIA
1. Kombinasi dari
komputer dan video (Rosch, 1996)
2. Kombinasi dari
tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996)
3. Kombinasi dari
paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio
(suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan
kawan-kawan, 2002)
4. Alat yang dapat
menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,
grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
5. Multimedia dalam
konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk
membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool
yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
6. Multimedia is
the use of several different media to convey information (text, audio,
graphics, animation, video, and interactivity). Multimedia also refers to
computer data storage devices, especially those used to store multimediantent
(wikipedia.org).
Pemanfaatan multimedia
1. Pendidikan
tutorial, ensiklopedia (misal: microsoft encarta, instruksional).
2. Informasi
pariwisata, museum, galeri seni.
3. Hiburan games,
seni, pertunjukan
4. Kedokteran
x-ray scanner
5. Periklanan
iklan televisi, bandara, kiosk, dll
Multimedia mampu
1. Mengubah mengubah
tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan
pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung
teleworking/telecommuting: Netmeeting!
2. Mengubah cara belanja.
Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian
barang datang dengan sendirinya.
3. Mengubah cara
bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan
sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
4. Mengubah cara
memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai
software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com,
menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak
lagi.
5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer
multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
6. Internet
Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Keunggulan multimedia
1. Menarik
perhatian karena manusia memiliki keterbatasan daya ingat
2. Media alternatif dalam penyampaian pesan
diperkuat dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi
3. Meningkatkan
kualitas penyampaian informasi
4. Interaktif
Komentar
Posting Komentar